Candi Mendut – Magelang

Candi Mendut merupakan bangunan bersejarah berupa candi yang didirikan pada tahun 842 Masehi semasa pemerintahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra. Candi ini letaknya tidak jauh dari candi Borobudur, malahan katanya Candi Mendut ini bersama dengan Candi Pawon terletak dalam satu garis lurus dengan Candi Borobudur. Walaupun sama-sama dibangun oleh Dinasti Syailendra tapi Candi ini tidak sebesar Borobudur, hanya satu bangunan tunggal yang luasnya 13,7×13,7 meter persegi.┬áMenurut sejarah, Candi Mendut memiliki empat relief dengan makna cerita yang berbeda-beda, yakni relief Brahmana dan seekor kepiting, relief angsa dan kura-kura, relief Dharmabuddhi dan Dustabuddhi, serta relief dua burung betet.

candi mendut, relief candi mendut, magelang, jogja, wisata jogja, paket wisata jogja, wisata jogja murah, paket wisata jogja murah

Relief Dharmabuddhi dan Dustabuddhi

Relief pada baris atas dalam foto mengisahkan dua sahabat bernama Dharmabuddhi dan Dustabuddhi. Ketika Dharmabuddhi menemukan sejumlah uang, ia bercerita kepada Dustabuddhi, dan mereka lalu menyembunyikannya di bawah sebatang pohon. Setiap kali membutuhkan uang, Dharmabuddhi mengambil sebagian dan membaginya secara adil dengan Dustabuddhi. Karena tamak, Dustabuddhi pun mengambil semua uang yang tersisa, namun menuduh Dharmabuddhi. Tetapi akhirnya dusta Dustabuddhi terbongkar dan ia pun dihukum.

Pada baris bawah adalah relief Candi Mendut yang menceritakan dua ekor burung betet yang masih bersaudara namun kelakuannya sangat berbeda karena yang satu dididik oleh seorang penyamun sedangkan yang satunya lagi dididik oleh seorang brahmana.

Candi Mendut

Candi Mendut

Candi bercorak Budha yang terletak di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini dibangun dengan perpaduan antara batu bata yang ditutupi dengan batu alam. Alhasil, Candi Mendut pun tampak terlihat kokoh dengan arsitektur yang sangat indah. Kemudian, di dalam Candi Mendut terdapat tiga buah patung besar yang melengkapi pesona keindahaan candi yang letaknya sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur tersebut. Rupanya, ketiga patung itu mempunyai fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan nama yang diberikan.

candi mendut, patung candi mendut, magelang, jogja, wisata jogja, paket wisata jogja, wisata jogja murah, paket wisata jogja murah

Patung di dalam Candi Mendut

Berikut adalah nama beserta fungsi 3 buah patung besar yang terdapat di dalam Candi Mendut.

  1. Cakyamuni: Diibaratkan sebagai seseorang yang sedang duduk bersila dengan posisi tangan memutar roda dharma
  2. Awalokiteswara: Patung Amitabha yang berada di atas mahkotanya, yaitu Vajrapani. Vajrapani sendiri terlihat sedang memegang bunga teratai merah yang diletakkan di atas telapak tangan. Biasanya, banyak orang yang menyebutnya sebagai Bodhi Satwa atau seseorang yang selalu membantu umat manusia.Maitreya:
  3. Diibaratkan sebagai seseorang yang dikatakan sebagai penyelamat umat manusia di masa depan.

share

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>